Cara Mengatasi Masalah Air Sumur Galian Yang Bau

Cara Mengatasi Masalah Air Sumur Galian Yang Bau

Cara Mengatasi Masalah Air Sumur Galian Yang Bau

Cara Mengatasi Masalah Air Sumur Galian Yang Bau – Banyak permasalahan air yang terjadi saat kita menggunakan seperti berkapur , dan juga permasalahan lain yang tak kalah pentingnya terjadi pada sumur gali kita yaitu masalah air sumur gali yang berbau. Walaupun bisa terjadi permasalahan pada semua jenis sumur, munculnya bau pada air sumur lebih sering terjdi pada sumur konvensional.

Kita bisa mengetahui bersama, di Negara kita yang tercinta saat ini dalam masyarakat umumnya memakai 2 jenis sumur, yaitu:

  1. Sumur bor atau sumur air dalam
  2. Sumur konvensional atau bisa dibilang dengan sumur srumbung yang terbuat dari batu atau dengan bis beton.

Dalam hal ini masalah air sumur kita berbau disebabkan oleh beberapa faktor, sebagai berikut:

  • Disebabkan air dari sumbernya mengandung bahan atau unsur yang menyebabkan air berbau.

Air sumur yang bau disebabkan mempunyai sifat fisikal sehingga biasanya bersifat permanen.Kecuali apabila yang mengandung unsur telah habis.

  • Bahan pencemar yang menyebabkan sumber mata air tercemar.

Faktor ini terjadi disebabkan oleh sumur yang tempatnya berdekatan dengan sungai yang dipakai untuk badan buangan limbah industry. Ini hanya bersifat sementara, tetapi kejadian ini akan terulang  kembali dalam waktu yang lama.

  • Adanya bakteri atau benda yang masuk atau kontamninasi dengan air dalam sumur.

Air sumur terjadi akibat adanya aktivitas dari bakteri. karena disebabkan oleh aktvitas biologis bakteri maka bau pada air akan terjadi sangat lama.

Proses biologis atau fisikal yang menyebabkan masalah bau air sumur dapat dihilangkan. Bila saja untuk menjadi pertimbangan yaitu bau air sumur bersifat fisikal lebih sulit dihilangkan. Bila proses yang diperlukan jauh lebih susah dibandingkan mengatasi masalah air sumur gali yang berkapur.

Dalam kondisi tertentu aktivitas bakteri yang terdapat dalam sumber mata air atau sumur dapat meningkat. Peningkatan jumlah dan kinerja bakteri ini pada akhirnya akan mengakibatkan terjadinya air sumur gali menjadi bau. Terlepas dari sebab dan jenis pencemaran yang terjadi, maka menghilangkan bau pada air sumur gali. Sesderhana mungkin kita melakukan cara – cara sebagiberikut:

  • Dapat ditaksir berapa volume air yang ada didalam sumur gali.

Di sumur konvensional relative lebih mudah dibandingkan sumur gali. Tapi secara mendasar dapat memakai rumus volume tabung untuk menghitungnya.

  • Memakai larutan sodium Hipoclhorit.

Berguna sebagai oksidator kuat yang akan mematikan dan membunuh aktivitas bakteri dalam sumur, larutan ini untuk menhilangkan bau pada air sumur gali.

Untuk itu kita harus mengetahui kriteria yang memenuhi syarat untuk pembuatan sumur gali, sebagai berikut:

  1. Dinding sumur minimal sedalam 3 meter dari permukaan lantai atau tanah, dibuat dari tembok tidak tembus air atau bahan kedap air dan kuat( tidak mudah retak atau longsor ) untuk mencegah perembesan air yang tercemar kedalamsumur. Kedalaman yang diambil sekitar 3 meter agar bakteri yang ada akan mati dan tidak dapat hidup lagi.
  2. Sekitar 1,5 meter berikut ke bawah dinding dibuat dari tembok yang tidak di semen, bertujuan untuk mencegah runtuhnya tanah sebagai penyangga diatasnya.
  3. Diberi dinding tembok ( bibirsumur), tinggi bibir sumur sekitar kurang lebih 1 meter dari lantai, terbuat dari bahan yang kuat dan kedap air untuk mencegah agar air sekililingnya tidak dapat masuk kedalam sumur, dan juga untuk keselamatan pemakai.
  4. Lantai sumur diberi semen atau harus kedap air, mempunyai lebar disekeliling sumur kurang lebih 1,5 meter dari tepi bibir sumur, agar air permukaan tidak masuk ke dalam. Lantai sumur tidak retak atau boco rmudah dibersihkan
  5. Sebaiknya sumur diberi penutup atau atap agar air hujan dan kotoran lainnya tidak dapat masuk ke dalam sumur dan jangan menaruh ember yang dipakai di bawah atau lantai tetapi digantung.
  6. Adanya sarana pembuangan air limbah, sarana pembuangan air limbah harus kedap air, minimal 2 % ke arah pengelolahan air buangan atau peresapan.
  7. Sebaiknya air sumur diambil dengan pompa.

 BERKAH SEDOT WC JOGJASEDOT WC JOGJA | TUKANG SUMUR JOGJA | AHLI SUMUR JOGJA | SUMUR BOR JOGJA | SALURAN MAMPET JOGJA Kami menyediakan jasa sedot wc dan saluran mampet di area Yogyakarta dengan pengalaman yang sudah bertahun-tahun. Gunakan jasa kami dengan menghubungi kami di 0812 8650 0400

Related Posts

  • 80
    TELEPON; 0812 86 500 400 Sedot WC Murah Kulonprogo Sedot WC Murah Kulonprogo - Selamat datang warga kabupaten Kulonprogo di pusat Informasi penyedia jasa sedot wc daerah kulonprogo Jogjakarta, di jaman yang serba modern saat ini pasti sudah mempunyai wc dan tampungan sapictang, tapi jika wc anda penuh dan mampet…
    Tags: sedot, kulonprogo, wc, jasa, yang, sleman, mampet, wastafel, wilayah, memperlancar
  • 79
    Hilangkan Kerak Kuning Kamar Mandi Kerak Kuning -  Seringkali kita mempunyai masalah dengan toilet yang sudah banyak kerak dan menguning. Tentunya hal ini akan mengganggu si pengguna toilet. Apalagi jika permukaan keramik yang digunakan berwarna cerah, tentunya membuat tampilan yang kurang elok. Berikut ini cara mudah untuk membersihkan kerak kuning…
    Tags: yang, wc, sumur, sedot, kloset, air, atau, jasa, mampet, sleman
  • 78
    Penyebab terdapatnya nyamuk adalah genangam air. Tenpat seperti gengangan air tersebut merupakan tempat perkembangbiakan nyamuk. Bahkan hal ini menyebabkan wabah deman berdarah. Nah hal ini dikarenakan pentingnya membersihkan bak kamar mandi. Berikut adalah beberapa tipa membersihkan bak kamar mandi : Pertama, Kosongkan bak mandi Anda. Langkah kedua ialah, tuangkan cairan…
    Tags: air, yang, sedot, wc, sumur, atau, mampet, jasa, sleman, wastafel
  • 75
    Awas Mandi Guyur Air Langsung Bagian Kepala Resiko Stroke Bagaimanakah cara kalian mandi? Pernahkah Anda langsung mengguyur air bagian kepala terlebih dahulu saat mandi? Sepele, tapi hal ini sangat beresiko besar yaitu stroke. Maka itu disarankan bila Anda sedang kepanasan atau kedinginan, sebaiknya hindari mengguyur air langsung ke kepala saat…
    Tags: yang, air, sedot, sleman, wc, mampet, jasa, wastafel, bantul, tukang
  • 73
    Mengatasi Pompa Air Yang Masuk Angin Mengatasi Pompa Air Yang Masuk Angin - Mesin pompa air dengan berbagai merk dipasaran sebagian besar pernah mengalami kendala seperti masuk angin atau lost suction. Hal ini dapat diketahui dengan cara membuka kran dengan penuh, akan tetapi tidak juga keluar air. Masuknya angin pada…
    Tags: air, yang, sumur, sedot, sleman, jasa, wc, bermasalah, bantul, kloset

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat